Tuesday, 17 December 2013

SQL Hosting Indonesia - Tips SQL Mempercepat Akses Database

Structured Query Language (SQL) adalah sekumpulan perintah khusus yang digunakan untuk mengakses data dalam database relasional. SQL merupakan sebuah bahasa komputer yang mengikuti standar ANSI (American Nasional Standard Institute) yang digunakan dalam manajemen database relasional. Dengan SQL, kita dapat mengakses database, menjalankan query untuk mengambil data dari database, menambahkan data ke database, menghapus data di dalam database, dan mengubah data di dalam database. Saat ini hampir semua server database yang ada mendukung SQL untuk melakukan manajemen datanya.

Lalu, bagaimana caranya jika ingin mempercepat akses database pada SQL? 
  • Desain database anda dengan hati-hati
    Tips pertama ini mungkin tampak biasa, tetapi pada kenyataannya sebagian besar masalah database berasal dari design struktur tabel yang buruk.
  • Tahu apa yang harus Anda optimasi
    Jika Anda ingin mengoptimasi query tertentu, sangat penting bagi anda untuk bisa melihat informasi dari query yang anda jalankan. Gunakan perintah EXPLAIN, untuk mendapatkan informasi dari query yang anda jalankan. 
  • Query tercepat… Adalah yang tidak pernah anda kirimSetiap kali Anda mengirimkan query ke database, Anda akan menggunakan sumber daya server Anda. Inilah sebabnya, pada situs dengan traffic tinggi, hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat database Anda adalah dengan cache queries. Ada banyak solusi untuk menggunakan cache query pada server Anda. Berikut adalah salah satunya:
    * AdoDB: AdoDB adalah library abstraksi database untuk PHP. Hal ini memungkinkan Anda untuk menggunakan sistem database pilihan Anda (MySQL, PostgreSQL, Interbase, dan lain sebagainya) dan dirancang untuk kecepatan. AdoDB sangat sederhana, namun memiliki sistem caching yang powerful. Dan juga, lisensi AdoDB di bawah BSD, yang berarti Anda dapat menggunakan dengan bebas pada proyek Anda. Sebuah lisensi LGPL juga tersedia untuk proyek-proyek komersial.
    * Memcached: memcached adalah sistem caching memori terdistribusi yang sering dipakai untuk mempercepat website berbasis database dinamis dengan meringankan beban database.
    * CSQL Cache: CSQL Cache adalah sebuah open-source data caching infrastruktur. Belum diuji secara pribadi, namun tampaknya bisa menjadi alat yang hebat.
  • Jangan Menampilkan yang tidak perlu
    Yang sangat umum untuk mendapatkan data yang diinginkan adalah dengan menggunakan simbol *, yang akan mendapatkan semua kolom dari tabel yang diinginkan. Sebaliknya, Anda harus benar-benar hanya memilih kolom yang diinginkan, seperti ditunjukkan pada contoh di bawah ini. Pada situs yang sangat kecil dengan, katakanlah, satu pengunjung per menit, yang tidak akan membuat perbedaan. Tapi di situs seperti Tanyasaja.com, menghemat banyak proses untuk database.
  • Gunakan LIMIT
    Ini sangat umum yang perlu Anda hanya mendapatkan jumlah record tertentu dari database Anda. Sebagai contoh, sebuah blog yang menampilkan sepuluh entri per halaman. Dalam hal ini, Anda harus benar-benar menggunakan parameter LIMIT, yang hanya menampilkan jumlah record yang diperlukan.Tanpa LIMIT, jika tabel Anda memiliki 100.000 catatan berbeda, Anda akan ekstrak mereka semua, yang seharusnya tidak perlu dilakukan server Anda.
  • Hindari queries dalam pengulangan
    Bila menggunakan SQL bersama dengan bahasa pemrograman seperti PHP, dapat tergoda untuk menggunakan SQL queries dalam sebuah loop / pengulangan. Tapi hal ini seperti memukul database dengan query Anda.
  • Gunakan JOIN bukannya subqueries
    Sebagai seorang programmer, subqueries adalah sesuatu yang Anda bisa tergoda untuk menggunakan dan menyalahgunakannya. Subqueries, seperti yang ditunjukkan di bawah ini, dapat sangat berguna.
  • Hati-hati ketika menggunakan wildcard
    Wildcard sangat berguna karena mereka dapat menggantikan satu atau lebih karakter ketika mencari data dalam database. Saya tidak mengatakan bahwa Anda tidak boleh menggunakannya, tetapi sebaliknya, anda harus menggunakannya dengan hati-hati dan tidak menggunakan wildcard penuh ketika awalan atau postfix wildcard dapat melakukan pekerjaan yang sama.
  • Gunakan UNION daripada OR
    Pernyataan UNION memungkinkan Anda untuk menggabungkan hasil dari 2 atau lebih queries select. Contoh berikut akan mengembalikan hasil yang sama seperti perintah di atas, tetapi akan lebih cepat
  • Menggunakan index
    Index database mirip seperti indeks pencarian di perpustakaan: Mereka memungkinkan database untuk menemukan informasi yang diminta lebih cepat, seperti sebuah indeks perpustakaan akan memungkinkan seorang pembaca untuk menemukan apa yang mereka cari tanpa menghabiskan waktu. Index dapat dibuat pada satu kolom atau kombinasi kolom dalam tabel database. Sebuah index tabel adalah struktur database yang mengatur nilai-nilai dari satu atau lebih kolom dalam tabel database dalam urutan tertentu. 
Jika Anda mencari web hosting yang handal dan terjangkau atau email hosting, Anda dapat mempertimbangkan JaringanHosting.com


1 comment:

  1. DreamHost is one of the best hosting provider with plans for any hosting requirements.

    ReplyDelete