Thursday, 6 June 2013

Tips E-Commerce: Opencart Vs Magento Vs Oscommerce

Saat ini bisnis dapat ditangani dan dikembangkan melalui internet sehingga banyak platform pengembangan situs web yang memiliki eksposur yang sangat baik. Ada banyak pilihan perangkat lunak hadir di pasaran untuk mendukung bisnis E-Commerce, namun memilih yang terbaik merupakan tantangan. Anda harus tahu seluk-beluk masing-masing platform E-Commerce yang ingin Anda gunakan. Beberapa platform E-Commerce antara lain: OpenCart, Magento dan osCommerce.

Kali ini saya akan membahas perbandingan dari ketiga platform tersebut. Semoga dapat memudahkan Anda yang sedang menghadapi kesulitan dalam memilih platform terbaik untuk bisnis Anda.

OpenCart vs Magento
OpenCart dan Magent  sama-sama dikembangkan dengan PHP dan software ini bersifat open source. Kedua perangkat lunak tersebut sudah memiliki sebuah komunitas yang sangat besar dari orang-orang yang mendukung berbagai macam pengembangan produk dengan kategori yang berbeda. Jika Anda memiliki situs web yang digunakan oleh orang-orang yang berasal dari negara dan bahasa yang berbeda, sehingga Anda perlu untuk mendukung website mereka dalam menampilkan bahasa negara mereka maka OpenCart dan 
Magento mempunyai kemampuan untuk mendukung berbagai jenis bahasa. Selain itu, untuk membuat pengembangan website menjadi lebih mudah ada template yang tersedia di kedua platform ini. Namun, pilihan yang ada pada OpenCart tidak selengkap dibandingkan dengan Magento.
Untuk pengembangan website, software harus didukung dengan pembaharuan atau updates terus menerus sehingga website Anda dapat menyesuaikan dengan tren pasar. Di OpenCart, Anda dapat men-update konten website karena software ini menyediakan lifetime continuous updates dan juga ada dukungan baik dari tim.

Jika Anda ingin sebuah website dengan beberapa toko maka lebih baik untuk memilih Magento karena OpenCart tidak dapat mendukung fitur ini. Dalam bisnis, orang selalu ingin melihat data statistic website mereka, Magento akan memberikan data statistik seperti persediaan, pencarian, dan penjualan saham. Sedangkan dalam OpenCart hanya mampu untuk mengambil laporan penjualan saja. Untuk mengelola situs web dalam kondisi baik maka fitur kontrol panel harus digunakan untuk ke tingkat yang lebih besar. Dalam admin panel OpenCart sedikit membingungkan pada tahap awal seperti User Interface yang tidak user friendly. Jadi jika Anda baru untuk mengelola website maka lebih baik untuk memilih Magento.

Magento vs OsCommerce
Bila Anda ingin memiliki website e-commerce di platform Magento maka Anda perlu menyediakan dedicated server untuk kegiatan hosting. Sedangkan situs web yang dibangun di platform yang OsCommerce dapat di-host dalam shared space. JaringanHosting dapat dijadikan sebagai referensi Anda untuk hosting terbaik website Anda.  Magento telah memiliki berbagai fitur dibandingkan dengan osCommerce yang dijelaskan sebelumnya. Jika Anda ingin situs web Anda mendukung berbagai produk maka lebih baik untuk mengandalkan Magento karena telah memiliki berbagai plugin untuk mendukung fitur yang berbeda. 

Magento memiliki arsitektur yang sederhana dan coding dapat dibuat sangat sederhana.

Dalam osCommerce mengelola kode (coding) ini sangat sulit karena back end tidak terorganisir seperti Magento. Dalam Magento admin memiliki pilihan untuk mengubah berbagai pesanan produk, sedangkan osCommerce tidak bisa. OsCommerce sangat buruk dalam optimasi mesin pencari yang membuat website Anda untuk tetap di belakang pesaing.

Sumber: 
Teknologi Kompasiana

1 comment:

  1. Bluehost is ultimately one of the best hosting provider for any hosting plans you require.

    ReplyDelete