Sunday, 9 June 2013

Tips Meningkatkan Kinerja Aplikasi ASP.NET

ASP.NET merupakan framework untuk membangun aplikasi web yang dikembangkan oleh Microsoft. Pada awalnya teknologi .NET merupakan penerus dari ASP yang juga merupakan produk software dari Microsoft. ASP bersama.NET menyediakan platform untuk para pengembang merancang dan mengembangkan situs web dinamis dan web portal.


Ada hal-hal tertentu yang harus dipertimbangkan pada saat meningkatkan kinerja aplikasi dalam membangun sebuah aplikasi web. Beikut ini beberapa tips untuk meningkatkan kinerja ASP.NET:
·         Matikan Session State (Turn Off the Session State)
Nonaktifkan session state jika Anda tidak memerlukan, karena hal ini akan meningkatkan kinerja keseluruhan. Secara default session state selalu aktif. Namun Anda dapat menonaktifkan session state untuk halaman tertentu saja.
·         Matikan Tracing (Turn Off Tracing)
Jika tracing diaktifkan, tracing akan menambahkan banyak overhead dalam pembuatan aplikasi. Meskipun tracing adalah fitur yang berguna dalam pengembangan karena memungkinkan developer untuk melacak trace aplikasi dan urutannya, tracing dapat dimatikan, kecuali jika Anda ingin memantau trace logging.
·         Hindari Halaman Validasi Server (Avoid Server side Validation)
Dalam hal ini, harus dicoba menggunakan validasi dari sisi klien, bukan sisi Server. Validasi sisi server akan mengkonsumsi banyak sumber daya pada server yang dapat mempengaruhi kinerja aplikasi.
·         Hindari Exceptions (Avoid Exceptions)
Exceptions mungkin merupakan salah satu pemakan sumber daya terbesar yang mengakibatkan menurunnya aplikasi web maupun aplikasi windows. Oleh karena itu, lebih baik untuk menghindari penggunaan dan penanganan exceptions yang tidak berguna.
·         Hindari Koneksi yang sering ke Database (Avoid Frequent Calls to Database)
Koneksi yang sering dibuat ke database bisa menghabiskan waktu respon serta sumber daya (resources). Hal ini dapat dihindari dengan menggunakan Batch Processing. Membuat koneksi database minimum sebagai koneksi yang dibuka dan tidak ditutup, dapat menyebabkan perlambatan kinerja.
·         Hindari menggunakan Recursive Functions dan Nested Loops
Untuk meningkatkan kinerja aplikasi, usahakan agar selalu menghindari menggunakan recursive functions dan nested loops karena fungsi tersebut  mengkonsumsi banyak memori.
·         Matikan View State (Turn Off the View State)
Di ASP.NET, secara default view state akan aktif dan akan memperlambat situs web. Jadi jika Anda tidak menggunakan form postback, lebih baik untuk menonaktifkan view state.
·        Gunakan Caching (Use Caching)
          Halaman caching dapat digunakan untuk jangka waktu tertentu dan sampai durasi yang diminta tidak akan pergi ke server dan dilayani dari cache. Dalam kasus halaman web yang statis dan dinamis, Partial Caching [Fragmen Caching] dapat digunakan dengan memecah halaman ke dalam berberapa kontrol pengguna.

Masih banyak tips berguna lainnya yang dapat membantu untuk meningkatkan kinerja keseluruhan aplikasi. Peningkatan kinerja dalam aplikasi akan memiliki dampak besar bagi pengguna.

JaringanHosting merupakan perusahaan web hosting yang mengkhususkan diri dalam memberikan pelayanan terbaik pembangunan aplikasi berbasis .NET. Kami memiliki ahli pengembang .NET untuk memberikan solusi berkualitas menggunakan semua kerangka terbaru. Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi web kami www.jaringanhosting.com.

1 comment:

  1. Bluehost is ultimately the best hosting provider for any hosting services you require.

    ReplyDelete