Tuesday, 3 September 2013

SQL Server Hosting :: Cara Backup Database pada SQL Server 2008

SQL Server 2008 merupakan Database Management System yang powerfull untuk mengolah data. Di samping itu SQL Server 2008 ini memiliki user interface yang mudah digunakan, SQL Server 2008 juga memiliki fitur tambahan yang bisa diimplementasikan untuk meningkatkan performa dan mengurangi tempat penyimpanan data.
Pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara backup database pada SQL Server 2008. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka SQL Server Management Studio Anda.


2. Akan muncul tampilan "Connect to Server". Pada "Authentication" pilih "SQL Server Authentication". Kemudian masukkan server name Anda. Pastikan server name yang Anda masukkan benar. Masukkan username dan password yang Anda miliki untuk dapat masuk ke dalam SQL Server. Klik "Connect".


3. Pilih database yang ingin Anda backup. Klik kanan pada database > Task > Back Up.


4. Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar dibawah. Pilih source dan tipe backup database yang akan Anda backup. Anda dapat mengganti nama dan menambahkan deskripsi pada database yang Anda backup. Selain itu Anda dapat mengatur kapan database yang Anda backup akan expire.

Pilih direktori yang akan Anda gunakan untuk menyimpan database backup Anda (misalnya: C:\BackupDB\namadatabaseAnda)


5. Pada menu "General" Anda dapat memilih apakah database yang Anda backup sebelumnya ingin diganti atau tidak. Jika ingin diganti dengan backup yang baru maka pilih "Overwrite all existing backup sets".


6. Klik "OK". Jika Anda berhasil makan muncul gambar seperti dibawah ini.


Itulah langkah-langkah untuk backup data pada SQL Server 2008. Semoga membantu. 

Semoga bermanfaat. Keep sharing!

3 comments: